Header Ads

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Revisi



Assalamualaikum Sobat SIGUMI....

Penerapan penilaian berdasarkan Kurikulum 2013 belum terlaksana sepenuhnya sebagaimana diharapkan. Masih banyak kesulitan yang dialami oleh guru dalam melakukan penilaian masing-masing KI.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan di satuan pendidikan pelaksana Kurikulum 2013, teridentifikasi bahwa permasalahan utama dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah pada penilaian hasil belajar peserta didik. 

Berikut beberapa pendapat yang disampaikan sebagian besar pendidik terkait dengan penilaian:
  1. Penilaian sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) sulit dilakukan, karena untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) tiap peserta didik diasumsikan harus dinilai pada semua mata pelajaran menggunakan berbagai teknik (observasi, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman) oleh semua pendidik.
  2. Pada penilaian pengetahuan dan keterampilan masih banyak pendidik yang belum terbiasa menggunakan beberapa teknik penilaian, seperti portofolio dan proyek.
  3. Pendidik kesulitan dalam penilaian menggunakan angka dengan skala 1-4 dan masyarakat kurang memahami makna nilai hasil belajar - contoh nilai 2,31 - dari suatu mata pelajaran.
  4. Pengisian laporan hasil belajar (rapor) Kurikulum 2013 secara konvensional memerlukan tenaga, waktu dan kertas yang banyak. Sedangkan penerapan e-rapor masih sulit dilakukan.
  5. Penilaian kehilangan makna sehingga sulit digunakan untuk pembinaan dan perbaikan pembelajaran.
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut berikut panduan penilaian berdasarkan kurikulum 2013, semoga dapat membantu bapak/ibu dalam memberikan penilaian.

PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 SD/MI


Demikian yang dapat SIGUMI bagikan, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum....

Tidak ada komentar