Header Ads

Tutorial Print Raster Dengan CorelDraw dan Ghost Script

Setelah beberapa hari yang lalu saya posting banyak mengenai contoh atau sample desain vector grafis, untuk spanduk formal maupun non formal. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial Print Raster / Plate Raster dengan Corel Draw dan bantuan software Ghost Script.
Bagi orang-orang yang sudah bergelut dengan dunia digital printing maupun offset printing kata Raster mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, print raster / plate raster sangat dianjurkan untuk memaksimalkan hasil cetakkan offset agar lebih baik dan bagus hasilnya.

Saya kira tidak perlu berlama-lama lagi saya disini cuma akan berbagi tutorial Plaste Raster dengan CorelDraw & Ghost Script. Jika masih ada banyak hal-hal yang belum kalian ketahui dari apa yang saya utarakan diatas dapat search aja di Google.
Berikut ini langah - langkah nya :

1. Buka file yang akan kalian plate terlebih dahulu.


2. Setelah itu klik Menu File >> Pilih Print >> Pada Tab General bagian print pilih Device Independent PostScript File. Seperti gambah dibawah ini.


3. Langkah selanjutnya pindah ke Tab Composite >> Bagian Screen Frequency yang tertara default ganti dengan angka 60. Langkah selanjutnya klik OK saja, setelah kalian klik OK bukan perintah Print yang terjadi tapi save file hasil settingan tadi. Simpan saja file tersebut di direktori kalian. Lihat Gambar dibawah ini.


4. Langkah selanjutnya adalah membuka File yang sudah kalian simpan tandi dengan software GhostView, jika belum punya softwarenya nanti kalian dapat download di akhir postingan ini. Setelah kalian berhasil menginstall software ghostview, langsung kalian buka saja file yang sudah disave diatas tadi. Lakukan pengaturan print sesuai dengan printer kalian masing-masing (seperti ukuran, kertas, jenis ketebalan kertas, warna, kepekatan warna dan sebagainya). Disini saya menggunakan print jenis Fuji Xerox (Catatan : untuk membuat master / plate harus menggunakan jenis print laser ya atau tinta serbuk bukan tinta basah)







5. Setelah semua pengaturan tadi selesai tinggal print saja, kalian sudah berhasil membuat Master / Plate Raster untuk keperluan cetak offset kalian. Master Print / Plate biasanya digunakan untuk percetakan yang menggunakan Mesin Toko dan sebagainya untuk cetak offsetnya.

Software Ghosscript & Ghosview dapat kalian download melalui link dibawah ini :
4Shared:

Ghost Script

Ghost View

Demikian tutorial tentang cara membuat Master Print / Plate Raster menggunakan Corel Draw dan software Ghost Script untuk keperluan cetak offset kalian. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya ini, jangan lupa subscribe untuk artikel - artikel terbaru dan matikan adblok kalian untuk support pada blog ini :)

Tidak ada komentar